Refleksi Penghujung Tahun

0

Sepenggal Kisah Perjalanan Vibrasi Saya di 2012!

meski sangat banyak yang saya dapatkan dari perjalanan sepanjang tahun 2012, bahkan boleh disebut sebagian besar impian (vibrasi) yang saya ucapkan saat umroh april 2012 with eu community hampir semuanya terwujud…
namun ada dua hal yang paling berkesan dan terekam begitu indah dalam ingatan saya:

pertama, travelling backpack yang amazing. tepat satu bulan setelah pulang umroh, bisa travelling ala backpackeran ke eropa bersama 19 teman dari komunitas EU. ini mimpi lama, tapi vibrasinya sangat cepat terwujud ketika diungkapkan langsung di tempat yang mustajabah. pojokan Kabah. lurus dengan multazam. alhamdulillah, terkabul begitu cepatnya. perjalanan ke Eropa adalah perjalanan yang sangat mengesankan dalam hidup saya. perjalanan yang benar-benar sangat amazing. perjalanan yang benar-benar memuaskan passion saya. meskipun juga merupakan perjalanan yang berbuah tragika – paspor hilang tercopet di paris dan begitu menguras energi untuk mendapatkan surat perjalanan laksana paspor untuk kepulangan ke tanah air berikut mendapatkan paspor baru penggantinya — tapi ini adalah petualangan yang tak akan terlupakan dalam perjalanan hidup saya… sangat, sangat amazing!

kedua, prestasi yang amazing. begitu banyak pujian, penghargaan, prestasi yang saya terima dari berbagai pihak, tapi seumur-umur inilah penghargaan yang saya terima dan saya begitu bangga dengannya, saya puas dengannya. yakni, penghargaan atau prestasi dinobatkan menjadi the Most Fvourite Trainer dalam Training n BootCamp Contest yang di-coach langsung Inspirator SuksesMulia palinglaris saat ini: Jamil Azzaini. Saya tidak tahu apakah penghargaan itu diberikan karena saya benar-benar total menunjukkan kualitas dan kapasitas diri saya atau tidak; atau diberikan sekedar untuk menyenangkan hati saya karena selama tiga hari ikut TNBC saya banyak “berulah” ala Otak Kanan untuk menghebohkan suasana; atau karena alasan lainnya yang saya tidak ketahui sebenarnya apa – yang jelas saya sangat, sangat bangga, saat menerima sertifikat itu.

Jika penghargaan-penghargaan lainnya bisanya langsung saya buang begitu saja ke tong sampah karena saya tak pernah memberhalakan lembaran-lembaran prestasi itu (bahkan ijazah saya pun saya sobek dan bakar), tapi entahlah dengan lembar kuning bertanda tangan Jamil Azzaini yang unik ini. masih tersimpan rapi di rumah, masih sering saya pandangi sambil senyum-senyum sendiri dan bertanya dalam hati: kok bisa ya ini jatuh ke tanganku? aneh sekali? tapi, nasi sudah menjadi bubur, barangkali inlah takdir yang harus aku terima. mendapatkan sebuah penghargaan, yang aku sendiri sedemikian senangnya menerimanya. Begitu indah. Begitu Amazing! Tanpa bisa menjelaskan lebih tepat dengan kata-kata!

kini, malam ini, beberapa jam lagi, tahun akan berganti.
apa saja yang kira-kira harus menjadi pencapaian saya yang amazing juga untuk tahun 2013 nanti?

masih ada waktu untuk memikirkannya. untuk kemudian menuliskannya. satu per satu yang melintas di kepala. untuk selanjutnya menempelkan coretan impian-impian itu, vibrasi-vibrasi itu, di dinding kamar dan di dinding toilet rumah saya.
salah satunya yang terlintas di kepala adalah menjadikan buku seri panduan backpacker; Keliling Dunia Modal Nekad – Tanpa Bisa Bahasa Inggris, Dengan Modal Cekak, Tanpa Tujuan Yang Terencana… buku ini akan menghasilkan income yang fantastis menembus angka Rp 2,5 Milyar. sebuah angka penjualan yang amat fantastis untuk genre buku travelling…

Vibrasi yang lain tentu saja, ingin melanjutkan hobi travelling itu sendiri. tentu dengan masih gaya backpackeran yang penuh experience yang tak ternilai harganya. Masih ada beberapa negara yang ingin aku kunjungi. Salah satunya adalah Nepal atau Tibet, puncak tertinggi dunia, yang dekat dengan gunung tertinggi di dunia: Himalaya. Ya, aku ingin melihat Himalaya dari jarak terdekat. minimal satu kali dalam seumur hidup saya nanti. Selanjutnya India, Australia, Turkey, terakhir Amerika dan Ingris adalah daftar target yang juga diimpikan, Entah mana duluan yang akan tergapai, biarlah alam yang akan mencarikan sendiri jalannya dan menentukan pilihannya. Tugasku hanya menyiapkan diri secara fisik dan mental dan menjadikannya sebagai perjalanan ruhani yang amazing. Yang berkesan, yang memberikan nilai experience yang melekat di hati begitu sangat dalam.

masih ada waktu juga untuk menampung usulan atau ide teman-teman, apa yang sebaiknya harus saya capai di tahun 2013 nanti? karena kadang, orang lain bisa lebih objektif memberikan saran atau ide yang brilian tentang sebaiknya kemana langkah kaki harus diarahkan untuk membangun reputasi yang lebih baik, menorehkan reputasi yang lebih membanggakan, atau membuat capaian-capaian yang bisa memberi nilai kemanfaatan lebih banyak kepada kehidupan. tentu, jika ada usulan, amat sangat ditunggu dan saya sangat berterima kasih karenanya.

Begitulah, saya tuliskan sedikit vibrasi saya di tahun mendatang. saya tengok pula ke belakang vibrasi apa yang sudah saya gapai dengan gemilang. Tentu berterima kasih pertama kali harus saya panjatkan pada Allah SWT yang telah memberikan jalan dan kemudahan kepada saya dalam menggapai impian-impian itu. Saya semakin yakin, Tuhan Memang Maha Oke dalam mengabulkan semua doa dan cita-cita hambaNya. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak dan Ibu saya yang masih sugeng dan sehat sampai hari ini yang setiap malam berdOa secara khusus kepada anaknya ini agar anaknya selalu mendapatkan tiga hal utama dalam hidupnya: kebaikan-kebaikan dalam hidup, kemudahan-kemudahan dalam hidup, dan keberuntungan-keberuntungan dalam hidupnya…

Alhamdulillah, dOa bapak dan ibu yang begitu sederhananya itu ternyata saya rasakan semua terwujud dalam hidup saja. Saya merasa dalam perjalanan hidup saya banyak bertemu dengan ketiga hal itu, sampai saya pun berpikir saya ini menjadi Orang Bejo karena doa yang tak putus dari bapak ibu saya. tanpa beliau berdua mungkin saja perjalanan impian saya tidak semulus yang saya capai saat ini.

Dan tidak lupa, saya mengucapkan kepada teman-teman baikku yang terus menerus mensuport saya dengan caranya masing-masing. Teman-teman dari Mata Air, teman-teman dari EU, teman-teman dari Esco, teman-teman dari alumni SMADA LA, teman-teman dari alumni B-21, teman-teman wartawan Jawa Pos Group, dan sahabat-sahabat terbaik saya di PerMina dan SuperKicau Group. Kalian semua adalah Leverage Perjalanan Saya dalam menggapai puncak-puncak impian saya. Terimakasih tak berhingga, dan semoga Allah SWT yang akan membalas segala kebaikan kaian secaca berlipat ganda sesuai janjinya…

BISMILLAH, mari kita jalani, kita masuki, kita isi, sepanjang tahun 2013 nanti dengan berbagai prestasi, berbagai reputasi, dan berbagai kesuksesan yang ada dalam impian kita masing-masing. Saya akan berdoa bagi semua yang menjadi vibrasi teman-teman, semoga tergapai secara mudah, tanpa halangan, dan melengkapi puncak kesuksesan teman-teman…

Jogjakarta, 1 Januari 2013
Sampai jumpa di Puncak Impian, Puncak Kesuksesan!
Salam Kanan, Salam Sedekah Brutal!
Amiin!

Facebook Comments
Share.

About Author

AMONG KURNIA EBO Provokator Bisnis Otak Kanan. Mentor Kaporit di Entrepreneur University. Founder Rich Entrepreneur Academy. Rektor Klathak University Yogyakarta. Pembicara Entrepreneur untuk TKI di berbagai negara (Hongkong, Macau, Jepang, Korea, Kuwait, Dubai, Jeddah, Malaysia, dan Australia). Mentor Bisnis untuk Program MPP di BRI, BNI, Astra, Jasa Raharja, & Semen Gresik). Mantan Wartawan Jawa Pos Group.

Comments are closed.