Bagaimana Agar Hidup Kita Mudah?

0

Syarat hidup jadi mudah itu simpel saja: mudahkanlah orang lain….

Konsisten lakukan itu. Dan nggak usah mikir ada balasannya apa tidak. Sebab, dipikir atau tidak dipikir, diharap atau tidak diharap, diminta atau tidak diminta, kebaikan yang kita tanam itu akan terbalas, akan kembali ke diri kita, niscaya, meskipun harus memutar dulu ke beberapa titik dan beberapa lama. Tapi ujungnya tetap kembali kepada kita meski kadang bentuk kemudahannya saja yang berbeda

Sebab, apa pun yang terjadi di dunia ini berlakunya tetap hukum Kekekalan Energi. Energi itu bersifat tetap, tidak hilang, tidak berkurang. Dia hanya berpindah ruang, berubah bentuk, dan kembali ke titik yang sama seperti jumlah air di bumi yang selalu tetap. Bentuknya saja yang berubah dari lautan menjadi awan menjadi mendung menjadi hujan atau menjadi salju lalu menjadi air lagi di lautan. Jumlah airnya tetap sama, dia hanya mengalir dan berubah-ubah bentuk sementara saja.

Jadi, dalam urusan kebaikan jangan pernah mikir panjang. Mudahkanlah urusan orang hari ini maka urusan Anda akan dimudahkan orang lain di waktu yang akan datang di tempat yang lain.
Sebagai seorang backpacker yang tidak bisa berbahasa asing, tidak cukup banyak uang, tidak pandai membaca peta, tidak punya teman di banyak negara, saya sudah membuktikan itu dan karenanya meyakininya. Alhamdulilah, selama traveling di luar negeri, saya banyak dimudahkan orang ketika mengalami kesulitan. Kenapa begitu mudahnya pertolongan datang?

Saya teringat kebiasaan bapak saya di kampung yang selalu ringan tangan menolong orang yang membutuhkan bantuan. Apa saja siyap beliau lakukan demi tetangganya senang atau mudah menyelesaikan urusan. Sikap dan perilaku itu yang saya contoh sampai sekarang… Alhamdulilah, kebaikan kebaikan yang dilakukan Bapak berimbas kepada anaknya. Banyak bagian dari perjalanan hidup anaknya terasa terlampau begitu mudah….

Ya, yang kita perbuat akan kembali kepada kita sendiri. Itu hanya soal waktu saja… Orang sering menyebutnya dengan karma!!!

Mudahkanlah urusan orang lain agar hidupmu jadi mudah. Jangan bikin sulit orang lain kalau hidupnya nanti tidak ingin penuh kesulitan!

Selamat pagi
Salam kanan
salam rich dari Maldives

maldives_ebo2

Facebook Comments
Share.

About Author

AMONG KURNIA EBO Provokator Bisnis Otak Kanan. Mentor Kaporit di Entrepreneur University. Founder Rich Entrepreneur Academy. Rektor Klathak University Yogyakarta. Pembicara Entrepreneur untuk TKI di berbagai negara (Hongkong, Macau, Jepang, Korea, Kuwait, Dubai, Jeddah, Malaysia, dan Australia). Mentor Bisnis untuk Program MPP di BRI, BNI, Astra, Jasa Raharja, & Semen Gresik). Mantan Wartawan Jawa Pos Group.

Comments are closed.